5 Komponen Bahasa

Ditulis oleh sakura_de, pada 19 Jan 2013, dilihat 1717 kali komentar


<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Komponen bahasa meliputi:

  1. Fonologi. Aturan yang mengatur distribusi dan sikuen fonem di dalam suatu bahasa. Sedangkan fonem adalah unit terkecil dari bunyi dalam suatu bahasa yang dapat dikombinasikan dengan aturan tertentu untuk membentuk unit bahasa yang dikenal dengan kata. Setiap bahasa memiliki suara / bunyi dan kombinasi bunyi yang spesifik yang merupakan karakteristik dari bahasa tersebut.
  2. Morfologi. Aturan yang mengatur kombinasi dari bagian-bagian kata dan pembentukan kata baru. Seringkali disebut sebagai subkategori dari sintaksis, memfokuskan pada organisasi internal dari kata-kata.
  3. Sintaksis. Sistem aturan yang mengatur penyusunan kata-kata di dalam sebuah kalimat: urutan kata, organisasi kalimat, hubungan antar kata, serta jenis dan posisi kata. Sintaksis   menentukan kombinasi kata mana yang dapat diterima dan sesuai dengan tatanan bahasa dan mana yang tidak.
  4. Semantik. Adalah aturan yang mengatur hubungan antar bahasa dengan benda, kejadian dan hubungan antar kata, serta kombinasi kata-kata tersebut.
  5. Pragmatik. Pragmatik mengatur  bagaimana bahasa dapat digunakan pada situasi dan kondisi yang tepat.
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style>






Luthfiyah Hidayat

Tahu, mengapa kau aku sayangi lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari. (Pramoedya Ananta Toer)