Alat Penghias Cake

Ditulis oleh Klaris, pada 10 Feb 2013, dilihat 11702 kali komentar


Alat Penghias Cake

Ada beberapa alat yang dibutuhkan untuk menghasilkan tampilan cake yang indah, di antaranya:

1. Spuit / Star Tube

Sejenis alat yang terbuat dari stainless stell atau plastik, berfungsi untuk memunculkan motif butter cream sebagai bahan penghias tart.

Spuit memiliki banyak bentuk sesuai dengan fungsinya, seperti: Spuit bintang untuk membuat bunga-bunga atau kerang; spuit bentuk pagar untuk memuat motif pagar atau keranjang anyaman; spuit daun untuk membuat motif daun berbagai ukuran; spuit bulat polos untuk membuat motif garis lurus/ lengkung/ abstrak/ bulat- bulatan; spuit pita untuk membuat motif pita dan bunga mawar; dan ada juga spuit untuk membuat rumput.

2. Meja Putar

Berfungsi untuk menghaluskan hiasan pada cake terutama cake bulat dengan hiasan butter cream. Disebut meja putar karena bagian atasnya dapat diputar untuk mempermudah menghias cake.

3. Alat Dekorasi

Biasanya digunakan untuk memunculkan motif bintang, lengkungan bunga, garis lurus, bunga kecil maupun kerang- kerangan pada hiasan dari chocolate modelling, fondant/ plastic icing, gum paste dan marzipan. 

4. Scrapper & Spatula

Scrapper adalah alat pembuat motif pada tart terutama yang berhias butter cream. Umumnya berbentuk segitiga dengan ragam gerigi.

Spatula adalah alat penghalus hiasan butter cream pada tart. Bentuknya seperti pisau tapi tidak tajam di kedua sisinya.

5. Sterofoam

Digunakan untuk menggantikan cake dalam pembuatan tart. Bentuknya gabus tebal berwarna putih dan berukuran sebesar cake.

Sumber: Koki