senam otak

Ditulis oleh alichemic, pada 08 Jan 2013, dilihat 253 kali komentar


senam otak

Senam otak merupakan sebuah senam yang tujuan utamanya untuk mempertahankan kesehatan otak dengan cara melakukan gerakan badan. Dengan melakukan senam otak dapat memicu otak agar tidak kehilangan daya intelektual serta awareness-nya. Senam otak ini dapat memulihkan kembali kondisi orang yang pelupa karena pada dasarnya pusat-pusat sistem kewaspadaan atau reticulo activating system yang terdapat pada batang otak bisa diaktifkan lagi. Seperti layaknya senam - senam yang lain, sebaiknya senam otak dilakukan secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu sehingga hasilnya bisa segera terlihat.


Senam otak sendiri termasuk jenis senam ringan yang bisa dilakukan oleh siapapun termasuk kaum lansia. Gerakan pada senam otak juga merupakan gerakan menyilang dengan tujuan supaya terjadi harmonisasi serta optimalisasi kinerja otak kanan dan otak kiri. Dengan melakukan senam otak, suplai darah, oksigen, dan energi akan lancar sampai ke otak serta bisa memenuhi kebutuhan otak sehingga secara jangka panjang struktur otak dapat terpelihara secara optimal.


Berikut ini adalah cara senam otak:


Semua gerakan dalam senam otak memang dirancang untuk meningkatkan aktivitas 3 dimensi fungsi otak yang terdiri dari: lateralitas - komunikasi (terdiri dari otak kanan dan otak kiri), pemfokusan - pemahaman, serta pemusatan - pengaturan.


# UNTUK MENINGKATKAN FUNGSI LATERALITAS - KOMUNIKASI


Melakukan gerakan menyilang (cross craw) yang bertujuan merangsang aktivitas mendengar, melihat, bergerak, menulis, dan sikap positif.


Lakukan gerakan - gerakan seperti di bawah ini:


Pundak kanan didorong ke kiri, pundak kiri didorong ke kanan

Merangkak seperti bayi, lutut kanan maju bersama tangan kiri, lutut kiri maju bersama tangan kanan

Lakukan gerakan menggambar / menulis sesuatu yang simetris di udara. Gerakan ini harus dilakukan secara bersamaan antara tangan kanan dan tangan kiri

# UNTUK MEMPERKUAT PEMFOKUSAN - PEMAHAMAN

Gerakan ini untuk merangsang otak bagian depan - belakang. Gerakan pada bagian ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan konsentrasi serta menerima hal baru dan mengekspresikan hal - hal yang sudah diketahui sebelumnya.


Lakukan gerakan di bawah ini:


Melakukan gerakan peregangan bebas, baik menggunakan tangan, kaki, maupun anggota tubuh yang lain

# UNTUK MENINGKATKAN PEMUSATAN - PENGATURAN

Gerakan yang dilakukan akan bermanfaat untuk menenangkan, membuat perasaan nyaman, dan berfikir positif. Gerakan pada bagian ini akan melibatkan fungsi otak atas - bawah


Lakukan gerakan - gerakan seperti di bawah ini:

Letakkan kedua telapak tangan di dahi dengan jarak 2 jari dari atas alis

Atau bisa juga meletakkan kedua telapak tangan di ubun-ubun

Dalam waktu yang bersamaan, lakukan pernafasan teratur sambil menciptakan suasana tenang dan hening tanpa kehilangan kewaspadaan.