Logo dan Maskot Piala Dunia 2010

Ditulis oleh obiesan, pada 04 Apr 2010, dilihat 2243 kali komentar


Logo dan Maskot Piala Dunia 2010

Piala Dunia 2010 tinggal beberapa bulan lagi, saya ingin ngebahas tentang Logo dan Maskot Piala Dunia 2010 yang diselenggarakan di Afrika Selatan. Logo piala dunia 2010 berbentuk gambar orang sedang melakukan salto, memiliki makna-makna yang terkandung di dalamnya. Logo Piala Dunia FIFA 2010 Afrika Selatan diresmikan pada tanggal 7 Juli 2006 pada acara yang meriah dalam Tempodrom di Berlin. Molefi Oliphant, Presiden Asosiasi Sepak Bola Afrika Selatan, menyimpulkan kesempatan bahagia ini ketika ia berkata: “Kami (Afrika Selatan) yang menerima tongkat dari Jerman, seperti dalam sebuah perlombaan, dan sekarang kita menjalankan dalam pangkuan kita.”

Logo Piala Dunia 2010 mempunyai makna yaitu menggambarkan karakteristik dari Afrika Selatan selaku tuan rumah penyelenggara kejuaraan Putaran final Piala Dunia FIFA 2010. Berikut ini makna dari Logo Piala Dunia FIFA 2010 Afrika Selatan

  • Menggambarkan lambang energi dan semangat dari benua Afrika. Inspirasi bagi tokoh sepak bola di Afrika bentuk diambil dari batu San Khoi-lukisan, dan juga perwakilan dari benua yang kaya dan mempunyai sejarah panjang.Presiden Thabo Mbeki menyatakan: “Kami menampilkan sesuatu yang baru dalam memandang ke depan dan Afrika Selatan yang dinamis.”
  • Angka 2010 menunjukkan identitas unik, bersemangat dan dinamis, corak grafis mennggambarkan benua Afrika, dan  lebih condong ke Afrika Selatan yang kaya akan beraneka ragam warisan untuk menjadikan inspirasi.
  • Angka menunjukkan grafik yang mirip dengan lukisan seni batu awal yang negara kita juga terkenal. Angka ini terdapat di tengah-tengah aksi melakukan tendangan  – sebuah gaya permainan yang menangkap bakat sepak bola Afrika.
  • Angka adalah jelas, energik dan secara tidak langsung menggambarkan sebuah hasrat yang melekat permainan yang indah. Ini adalah menendang bola ke atas – undangan dari Afrika ke negara-negara lain di dunia untuk bergabung dengan permainan.
  • Bola sebenarnya adalah representasi modern sepak bola, menunjukkan bahwa itu milik FIFA. Dan untuk pertama kalinya, bola ini yang telah berkelana di seluruh dunia akan menyentuh tanah Afrika.
  • Latar belakang yang berwarna-warni sosok mewakili bendera nasional Afrika Selatan. The swishes memperluas ke atas, dari selatan ke utara, menjangkau seluruh dunia. Mereka mewujudkan energi, keragaman dan semangat berapi-api dari negara kami, dan mereka melambangkan kebangkitan bangsa pelangi.
  • Tipografi adalah ciptaan asli. Hal ini mencerminkan kepribadian kita dan memperkuat gagasan bahwa di Afrika Selatan, kita melakukan hal-hal unik. Ini adalah permainan, naif dan berjiwa bebas. Hal ini juga berani, ramah dan bersahabat.
  • Logo adalah perayaan di alam dan energik dalam merasa.

Sesudah kita mengenal makna logo worldcup 2010, sekarang giliran maskot. Maskot yang bernama Zakumi, dari namanya keraasa khas nama orang-orang afrika.Zakumi mulai diperkenalkan pada 22 September 2009 di Afrika selatan pada acara SABC Coca-Cola Soccer Zone. Official Maskot piala dunia ini adalah seekor leopard yang namanya diambil dari kata "ZA" untuk Afrika Selatan dan  "Kumi" berarti "10" berasal dari bahasa di Afrika yang menggambarkan 2010. Sedangkan rambutnya yang berwarna hijau menjadi kamuflase perlawanan lapangan hijau (sepakbola).

Menurut Sekretaris Jenderal Fifa Bapak Jerome Valcke (Bahasa kerennya Mr. Jérôme Valcke) Zakumi mewakili penduduk, geografi dan semangat Afrika Selaran, sekaligus mencerminkan nilai-nilai padaPiala Dunia 2010. Kami yakin maskot tersebut dapat menghadirkan rasa menyenangkan dalam memimpin (sebagai maskot) selama Piala Konfederasi Fifa dan Piala Dunia 2010. Pencipta asli dari Zakumi alias desainet yang membuat maskot ini bernama Andries Odendaal dari Cape Town, sedangkan kostum dari Zakumi di produksi oleh Cora Simson dari Cora's Custumes cc di Boksburg. Zakumi adalah kebanggan Afrika Selatan dan  sangat ideal sebagai duta besar untuk Piala Dunia Afrika pertama kali. Ia dilahirkan pada tahun 1994 tahun yang sama dengan tahun kemerdekaan (kemerdekaan demokrasi) negara tersebut. Zakumi muda, energik, cerdas dan ambisius, inspirasi bagi kaum muda dan tua dan tidak hanya untuk Afrika Selatan tetapi bagi Seluruh Dunia.

 Lucas Radebe, yang telah menghabiskan beberapa hari terakhir dengan Zakumi, mengatakan bahwa: "Dia sangat bangga menjadi Maskot Resmi dan bertekad untuk menjadi tuan rumah terbaik untuk semua penggemar yang mengunjungi negeri tercinta Afrika Selatan. Saya yakin dia akan menjadi animator besar untuk para penggemar dan pemain, serta bagi kita semua baik anak-anak kecil dan dewasa."
 

 

Video Zakumi

 

<object width="425" height="344" data="http://www.youtube.com/v/Wu5uN_N25Uw&hl=en_US&fs=1&" type="application/x-shockwave-flash"> </object>

 

sumber : adeesign.com, fifa.com

sumber gambar : sparksunderland.com, fifa.com