Resep Bahan Dekorasi Cake

Ditulis oleh Klaris, pada 10 Feb 2013, dilihat 2622 kali komentar


Resep Bahan Dekorasi Cake

Cake tart tidak akan menarik tanpa dekorasi. Beberapa bahan yang biasa digunakan dalam dekorasi cake yaitu butter cream, fondant/pastic icing, chocolate modelling, marzipan, gum paste, dan marzipan. Berikut adalah resep pembuatannya:

1. Butter Cream

Bahan: Mentega putih 1 kg, Simple syrup siap pakai 600 ml, dan esen rhum secukupnya.

Cara Membuat: Campur semua bahan, kocok hingga putih, lembut dan mengembang. Butter cream siap digunakan.

2. Fondant/ Plastic Icing

Bahan: Gelatin 5 sendok teh, air panas 2 sendok makan, glukosa 125 ml, gliserin 1 sendok makan, gula halus 800 gram.

Cara Membuat: campur air dan gelatin lalu tim sambil diaduk hingga gelatin larut. Masukkan glukosa dan gliserin lalu aduk hingga rata. Angkat adonan. Masukkan gula halus sedikit demi sedikit lalu uleni hingga dapat dibentuk. Fondant siap digunakan.

3. Marzipan

Bahan: Almon bubuk 150 gram, gula halus 150 gram, putih telur 1 butir, air jeruk lemon 1 sendok teh, esem almon secukupnya.

Cara Membuat: Campur almon dan gula halus lalu aduk hingga rata. Tambahkan putih telur dan aduk menggunakan sendok kayu hingga rata. Tambahkan air jeruk dan esen lalu aduk hingga lembut. Diamkan beberapa saat di dalam lemari pendingin. Marzipan siap untuk digunakan.

4. Gum Paste

Bahan: Gula halus 400 gram, putih telur 25 gram, gelatin 6.5 gram, air mendidih 25 gram, tepung maizena 10 gram.

Cara Membuat: Larutkan gelatin dalam air mendidih lalu dinginkan. Masukkan gula, telur, gelatin dan maizena. Uleni adonan hingga tercampur rata. Gum Paste siap untuk dibentuk.

5. Chocolate Modelling

Bahan: Cokelat masak pekat/ putih 500 gram, air 2 sendok makan, glukosa 60 ml.

Cara Membuat: Potong-potong cokelat, campur dengan semua bahan lalu tim hingga cokelat meleleh. Aduk rata dan biarkan uap panasnya hilang. Peras cokelat menggunakan kain saring hingga kandungan minyak dalam cokelat habis. Chocolate modelling siap digunakan.

Tips: Pastikan tempat yang digunakan untuk mengetim dalam keadaan kering, dan gunakan air hangat (tidak perlu sampai mendidih) agar hasil cokelat bisa mengkilat. Gunakan berbagai warna cokelat untuk menghasilkan warna chocolate modelling yang berbeda.

 

Sumber: Koki