Ikan Zebra

Ditulis oleh fatah, pada 26 May 2012, dilihat 320 kali komentar


IKAN zebra ternyata memegang kunci untuk memahami penyebab yang mendasari gangguan kejiwaan, kata para ilmuwan. Para ilmuwan di Queen Mary, Universitas London, telah menemukan bahwa ikan zebra dapat memodifikasi perilaku mereka dalam menanggapi berbagai situasi.

"Zebrafish atau ikan zebra menjadi salah satu model binatang yang paling berguna untuk mempelajari mekanisme genetik yang mendasari perkembangan gangguan kejiwaan. Ikan ini berkembang biak dengan subur dan kami memiliki teknik baru yang memungkinkan kami untuk mengeksplorasi genetika mereka di laboratorium," kata Dr Caroline Brennan, dari Queen Mary's School of Biological and Chemical Sciences.

Para ilmuwan mengambil sample 15 ikan zebra melalui serangkaian percobaan yang melibatkan pilihan warna untuk menguji aspek perilaku yang terkait dengan penyakit kejiwaan.

Penelitian ini menantang penelitian sebelumnya yang menunjukkan ikan tidak dapat memperoleh fleksibilitas perilaku, tidak seperti mamalia dan manusia, karena mereka tidak memiliki korteks frontal.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa mungkin ada peran untuk ikan zebra di masa depan sebagai model komparatif untuk mempelajari penyebab dan prognosis dari beberapa gangguan kejiwaan," tambahnya.

Ikan zebra sering digunakan oleh ahli syaraf untuk mengeksplorasi mekanisme pengendalian perilaku dan dalam pencarian senyawa baru untuk mengobati penyakit perilaku seperti kecanduan, gangguan perhatian, atau autisme. Penelitian ini menambah bobot lebih jauh terhadap argumen untuk menggunakan ikan zebra dalam studi gangguan dan kondisi kejiwaan. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Behavioural Brain Research. (Pri/OL-06)